Wellcome

Jumat, 13 Desember 2013

Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam adalah segala benda hidup dan benda mati yang berada di bumi dan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Sumber daya alam sebagai salah satu modal dasar pembangunan, pengelolaan dan pemanfaatannya harus sebaik mungkin dengan berbagai cara yang tidak merusak alam. Hal ini bertujuan agar sumber daya alam semakin besar manfaatnya untuk pembangunan di masa yang akan datang.
Semua kekayaan bumi baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati. Sedangkan faktor abiotik lainnya mrupakan sumber daya alam nonhayati. Berbagai kekayaan sumber daya alam yang terdapat di Indonesia mendorong masyarakatnya untuk dapat menggunakan sebanyak-banyaknya. Hal ini sangatlah merugikan karena manusia selalu merasa tidak cukup atas kebutuhan hidupnya, sehingga manusia melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam tersebut. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian, karena sumber daya alam bersifat terbatas.
Dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam, perlu adanya prinsip ekoefisien, artinya tidak merusak ekosistem, pengambilan secara efisiensi dan memikirkan kelangsungan sumber daya alam tersebut. Proses efisiensi produk menghasilkan dua hal, yaitu meningkatkan keuntungan dan menurunkan dampak terhadap lingkungan. Manajemen bisnis yang memadukan efisiensi ekonomi dan efisiensi lingkungan disebut ekoefisiensi. Teknologi efisien mencegah jumlah limbah berlebih, sehingga produksi menjadi lebih bersih.
Pemanfaatan sumber daya alam yang sesuai dengan peraturan akan memberikan manfaat bagi kelangsungan hidup manusia untuk jangka yang lebih panjang. Di bumi ini, penyebaran sumber daya alam tidak merata letaknya. Ada bagian bumi yang sangat kaya akan mineral, ada pula yang tidak. Oleh karena itu agar pemanfaatannta dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi harus disertai dengan tindakan perlindungan.
Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut :
a)      Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, misal (air, tanah dan udara).
b)      Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
c)      Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien, serta pendaurulangan  (recycling).
d)     Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.
Jadi, dalam mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam perlu adanya prinsip ekoefisien. Ekoefision berasal dari kata “Ekosistem” dan “Efisien” yang berarti pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang tidak merusak atau mengganggu keseimbangan ekosistem dilakukan secara efisien serta mempertimbangkan kelestarian sumber daya alam tersebut.
Didalam pengelolaan sumber daya alam harus memperhatikan kaidah-kaidah atau peraturan-peraturan yang berlaku agar sumber daya alam dapat bermanfata dalam jangka waktu yang lama. Kesdaran dari setiap individu agar mengelola sumber daya alam secara baik dan benar akan memberikan manfaat yang menguntungkan bagi kehidupan manusia dan mencegah terjadinya penurunan pengelolaan dari sumber daya alam tersebut.
(Sumber : sainsituasyik.wordpres.com)

0 komentar:

Posting Komentar